Fasilitas

  • Ruang Studio Gambar

Masing-masing Ruang Studio Gambar di Lt 3 ini seluas 884 m2, berkapasitas 340 mahasiswa, dan dilengkapi peralatan kerja yang memadai. Studio 17101 dan 17203 (di lantai 1 dan 2) diprioritaskan penggunannya untuk MK Studio tingkat I dan II dimana mahasiswa dituntut untuk bekerja menggambar di studio dengan skill manual tanpa komputer, sedangkan Studio 17301 dan 17305 diprioritaskan penggunaannya untuk MK Studio tingkat III dan IV dimana mahasiswa telah diperbolehkan bekerja menggambar di studio dengan bantuan software grafis/ komputer.

 

  • Ruang Studio Tugas Akhir

Ruang Studio tugas akhir seluas 340 m2 di Lt 2 ini dilengkapi peralatan kerja memadai dan fleksibel dapat digunakan sebagai ruang kerja per modul 28 m2, ruang sidang, serta ruang pamer dan penjurian, karena menggunakan dinding partisi non permanen.

 

  • Ruang Laboratorium Arsitektur Digital

Lab ini terletak di Lt 2, dan berkapasitas 30 meja kerja. Peralatan kerja yang tersedia memadai dapat digunakan mahasiswa untuk praktikum, mengerjakan tugas, termasuk pencarian literatur dari internet. Dalam laboratorium ini terdapat 30 unit PC dengan perangkat server yang mengintegrasikan semua komputer ke jaringan internet, lab ini secara khusus difasilitasi beberapa software yang khusus untuk proses desain dan pengujian hasil desain, seperti: ArchiCAD, AutoCAD, Synchro 4D, Flow Design, IES Virtual Environment.

Di samping Laboratorium Arsitektur Digital  yang dikelola oleh Prodi Arsitektur, untuk pembelajaran komputer arsitektur didukung pula oleh prasarana laboratorium komputer yang dikelola secara terpusat oleh Itenas dengan kapasitas 90 unit PC.

 

  • Laboratorium Fisika Bangunan

Lab seluas 204 m2 ini terletak di Lt 2, dan terdiri atas beberapa ruang Lab sesuai dengan fungsinya, yaitu Lab Penerangan Buatan, Heliodon, Wind Tunnel, dan Langit Buatan. Lab memiliki sebuah ruang kelas berkapasitas 32 mahasiswa. Selain alat-alat praktikum di Lab, terdapat juga berbagai alat ukur digital. Keberadaan Lab ini mendukung KBM baik pada proses perkuliahan yang terkait (Fisika Bangunan 1 dan 2), maupun proses tugas perancangan MK studio dalam menguji hasi desainnya terkait kenyamanan termal dan kenyamanan visual.

Lab. Pencahayaan Buatan

Lab. Pencahayaan Buatan

 

Lab. Langit Buatan

Lab. Langit Buatan

 

Lab. Wind Tunnel

Lab. Wind Tunnel

 

  • Laboratorium Struktur

Laboratorium seluas 84 m2 di Lt 3 ini memiliki berbagai model konstruksi bangunan, dengan berbagai skala. Keberadaan Laboratorium ini mendukung KBM saat proses tugas perancangan MK studio, untuk pemahaman dalam detil konstruksi bangunan.

Lab. Struktur & Konstruksi

Lab. Struktur & Konstruksi

  • Laboratorium Bahan

Laboratorium seluas 28 m2 di Lt 3 ini memiliki berbagai sampel material bangunan, berbagai brosur/ katalog yang disimpan di lemari-lemari display, juga katalog sistem digital. Keberadaan Laboratorium ini mendukung KBM saat proses tugas perancangan MK studio.

Lab. Bahan & Material

Lab. Bahan & Material

  • Ruang Baca

Ruang seluas 28 m2 ini terletak di Lt 1 gedung Program Studi Arsitektur. Koleksi buku yang dimiliki dipinjam oleh mahasiswa, dan setiap tahun prodi selalu meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas pengadaan buku-buku berkualitas yang mendukung pemahaman tugas mahasiswa. Di dalam ruang tersedia meja kursi yang memadai digunakan mahasiswa serta sistem katalog digital.